Saturday 9 January 2021

Bike Trip Medan - Tangkahan - Medan, Menempuh Jarak 180 km selama 2 Hari

Sepedaan menjelang akhir tahun 2020 ini ke Tangkahan di Kabupaten Langkat menginap 1 malam dan pulang pergi tanpa loading,aku sangat bersemangat karena memang belum pernah kesana. Langsung buka google map lihat Medan – Tangkahan ternyata jarak yang harus ditempuh adalah +90 km, kalau PP berarti 180 km selama 2 hari, dengan menempuh jalan gravel dan bebatuan di perkebunan yang cukup panjang.

Saya memutuskan untuk ikut ambil bagian di touring kali ini, siapkan fisik dan mental, karena sepeda touring ke Tangkahan hanya diikuti oleh 5 orang anggota Fremans. Masih dengan kondisi sepeda federal yang seadanya dan saya juga masih termasuk newbie di Bike Trip / touring sepeda seperti ini, dan juga masih kebayang sempat mengalami kram kaki pada saat ke Pantai Bali Lestari.

Tapi tekad mengalahkan semuanya, berangkat dari titik kumpul di Manhatan, Medan sekitar pukul 08.00 WIB. Berjalan beriringan menuju kota Binjai, melewati jalan Megawati dilanjutkan ke Tandem, setelah beberapa kali berhenti untuk sekedar minum dan istirahat, kami sarapan di Kota Stabat sekitar pukul 09.45 WIB.

Mengingat jalan menuju lokasi masih cukup panjang dan berat, kita juga sarapan dengan menu yang cukup berat, Nasi Padang 😊. Kurang lebih setengah jam, kami melanjutkan perjalanan dari kota Stabat menuju Tangkahan, karena melewati jalan lintas Banda Aceh, tantangan terberat disini adalah truk dan bus besar yang melintas jalan dengan kecepatan tinggi, sehingga kita harus ekstra hati-hati.

Setelah melewati jalur lintas menuju Batang Serangan, kita masih mendapati jalan yang cukup mulus dan tidak terlalu ramai, namun cuaca yang panas terik menjadi tantangan tersendiri. Sekitar pukul 12.00 WIB kita sampai di Batang Serangan sekaligus istirahat makan dan Sholat selama kurang lebih 1 jam untuk kemudian melanjutkan perjalanan kembali.

Memasuki area perkebunan menuju Ecotourism Tangkahan, kurang lebih sekitar 7-10 km kita memasuki jalan gravel bebatuan, berlubang yang cukup parah, sekujur tubuh juga ikut bergetar. Sekita pukul 16.00 WIB kita sampai di Tangkahan dan menikmati suasana hutan yang masih alami, jembatan gantung, melihat gajah dari kejauhan, mandi disungai yang sangat segar.

The Real Hidden Paradise, Tangkahan.

Salam Xplorasi…!!!

1 comment:

1. Itu serem amat mas naik jembatan bawa sepeda gitu.
    Aku kalo sampe kesitu,kayaknya dengkulku merinding, hahaha